The Great Buddha of Kamakura

Tidak terasa sudah 12 hari kami berada di Jepang. Di hari terakhir kami pergi ke Kamakura untuk melihat The Great Buddha of Kamakura. Setelah check-out jam 7 pagi, kami menuju Tokyo Station untuk menaruh koper di locker coin.

Rute untuk sampai ke Kamakura :

• Tokyo Station -> Kamakura Station (JR Yokosuka Line)
  • Kamakura St -> Hase Station (local train Enoshima Railway – Enoden Line)
  • Sampai di Hase Station berjalan kaki +/- 5-10 menit

Kamakura Station
20170509_095901

THE GREAT BUDDHA OF KAMAKURA (鎌倉大仏 Daibutsu)

The Great Buddha of Kamakura adalah sebuah patung Amida Buddha yang terbuat dari perunggu dan diletakkan di Kotokuin Temple. Tinggi patung Buddha ini sampai 13,35 meter dan merupakan Patung Buddha ke-2 terbesar setelah patung di Todaiji Temple, Nara. Tiket masuk The Great Buddha sebesar 200 yen.

Kita bisa masuk ke dalam patung Buddha tersebut dengan membayar 20 yen. Di dalam patung tersebut di infokan mengenai tahapan pembuatan patung Buddha.

20170509_102746
Inside view of Great Buddha

20170509_102525

Kebanyakan orang hanya melihat-lihat daerah Great Buddha saja, tetapi jika kalian sempat berkeliling sebentar, di bagian belakang komplek Kotoku-in Temple terdapat sebuah tugu kecil yang mengandung arti yang sangat mendalam bagi kami. Ini adalah bagian dari ajaran cinta kasih Buddha, yaitu Hatred Ceases Not By Hatred, but with Love” (“Kebencian berakhir bukan dengan kebencian, tetapi dengan cinta kasih”).

ASAKUSA

Setibanya di Tokyo, kami menuju Asakusa untuk mencari makan siang lebih dahulu. Kali ini saya memilih Ichiran Ramen (一蘭) yang menjadi favorit banyak orang. Ichiran Ramen cabang Asakusa terletak tidak jauh dari Kaminarimon.

Setelah perut kenyang, kami melanjutkan untuk melihat-lihat sebentar ke Kaminarimon.

Setelahnya kami berjalan ke Don Quijote. Don Quijote adalah discount store yang paling terkenal di Jepang dan barang yang dijual lengkap, terlebih dibuka 24 jam non stop. Sebenarnya kami telah beberapa kali mengunjungi cabang lain dari Don Quijote, tetapi yang paling lengkap adalah yang di Asakusa. Ini mengingatkan kami pada perjalanan dulu saat kami menginap di daerah Asakusa.

20170509_142957

GINZA

Kami ke Ginza karena penasaran untuk melihat Gedung UNIQLO yang memiliki 12 lantai dan cabang terbesar di seluruh dunia. Setelah melihat isinya, sebenarnya hampir sama saja dengan cabang lainnya, tetapi mungkin yang terlengkap sepertinya.

uniqlo ginza

20170509_155901

HANEDA AIRPORT

Kami kembali ke Tokyo Station untuk mengambil koper. Kami sempat lost untuk menemukan loker padahal sudah membawa peta loker dan bertanya beberapa kali ke petugas stasiun. Ternyata tempat coin locker yang kami gunakan masih berada di dalam gate (kami pikir terletak di luar gate). Alhasil kami harus membeli tiket masuk ke dalam untuk mengambil koper.

Kemudian kami menuju ke airport shuttle bus Haneda Airport. Shuttle bus ini terletak di Tekko Building (dari Tokyo St cari Yaesu South Exit). Saat pagi sebelum kami ke Kamakura, kami menyempatkan untuk membeli tiket dahulu di vending machine di dalam Tekko Building seharga 930 yen.

Bus kami berangkat di jam 17.15. Kami mengambil jadwal terlalu pagi karena ternyata hanya sekitar 20 menit untuk sampai di Haneda Airport. Pesawat kami boarding jam 23.00 menuju Kuala Lumpur untuk transit selama 2,5 jam kemudian ke Jakarta. Perjalanan kali ini sangat mengesankan dan bisa mengunjungi banyak tempat. Semoga perjalanan selanjutnya kami bisa sempat untuk kuliner 🙂

Good Bye Japan. Till we meet again…..