Fascinating Moment to Tateyama Kurobe Alpine Route

Akhirnya satu dari bucket list saya tercapai juga! We’re going to Tateyama Kurobe Alpine Route,yay!

Pergi ke Tateyama harus direncanakan secara detail mengenai cuaca, rute, dan transportasi. Tahun 2017 ini rute Tateyama akan full dibuka untuk visitors dimulai tanggal 15 April – 30 November 2017. Inilah salah satu alasan kami memilih pergi ke Jepang di akhir april.

Jika ingin ke Tateyama, disarankan membeli Tateyama Kurobe Option Ticket. Tateyama Kurobe Option Ticket adalah tiket pass one way yang dapat digunakan untuk rute transportasi di Tateyama, yang dimulai dari Nagano St/Shinano-Omachi St – Dentetsu Toyama St atau Dentetsu Toyama – Nagano St/Shinano-Omachi St.

Rute yang saya ambil yaitu dimulai dari Nagano Station :

• Tokyo St – Nagano St (1 jam 22 menit) memakai Hokuriku Shinkansen (JR Pass)
  • Nagano St (East Exit) – Ogizawa (2 jam 15 menit) memakai Alpico Bus (Tateyama Pass)
Didalam Alpico Bus

Begitu sampai di Ogizawa, kami kaget karena suasana super ramai karena saat itu adalah Golden Week. Karena tidak ingin membuang waktu, kami langsung antri ke tujuan berikutnya. Dari Ogizawa Station kami menuju Kurobe Dam menggunakan Kanden Tunnel Bus selama 15 menit.

Ogizawa Station

KUROBE DAM
Kurobe Dam adalah bendungan tertinggi di Jepang dengan ketinggian 186 meter. Dari terminal bus kita berjalan kaki di sekitar Kurobe Dam untuk menikmati pemandangan gunung bersalju.

Setelah sekitar 15 menit mengambil foto-foto, kami langsung mengantri rute ke Kurobedaira menggunakan Kurobe Cable Car. Saat mengantri, ada petugas membawa pengumuman bahwa yang memakai Tateyama Pass harus menukarkan tiket terusan agar dapat menggunakan transportasi selanjutnya.

Kurobe Dam
Loket penukaran tiket terusan di Kurobe Cable Car
Antrian Kurobe Cable Car

KUROBEDAIRA

Dari Kurobedaira kami mengantri lagi menuju Daikanbo menggunakan Tateyama Ropeway. Disini kami mendapatkan 1 lembar kartu yang tercantum sebuah nomor (awalnya saya tidak mengerti untuk apa nomor tersebut). Pemandangan indah terhampar sepanjang perjalanan ropeway, semua area gunung tertutup oleh salju.

DAIKANBO

Sesampainya di Daikanbo, ternyata saya melihat bahwa kartu tersebut menandakan jam berapa kami dapat menaiki tunnel bus yang menuju ke Murodo. Murodo adalah tempat dimana Snow Wall berada. Kami harus menunggu sekitar 2 jam sebelum menunggu giliran kami.

Di Dainkanbo terdapat observatory untuk melihat pemandangan. Disini juga terdapat food hall yang menjual souvenirs, makanan, maupun cemilan. Setelah giliran kami, akhirnya kami dapat naik Tateyama Tunnel Bus menuju Murodo selama 10 menit.

View from observatory

MURODO (SNOW WALL)

Murodo Station adalah stasiun dengan titik tertinggi dari Tateyama Kurobe Alpine Route. Kami tidak ingin menyia-nyiakan waktu yang ada dan langsung menuju koridor Snow Wall.

Snow Wall

Rasa lelah tergantikan begitu sampai di koridor Snow Wall. Cuaca saat itu sekitar 6-7 derajat. Pertama kali melihat salju kami boleh kan norak sedikit 😜. Maklum lah di Indonesia tidak ada musim dingin.

Sayangnya kami tidak bisa berlama-lama di Snow Wall dikarenakan antrian bus yang super panjang. Mau tidak mau kami harus mengantri lagi selama hampir 2 jam agar dapat naik Tateyama Highland Bus menuju Tateyama Station. Moment saat perjalanan di bus tidak boleh dilewatkan, karena kalian akan melihat pemandangan tebing salju selama hampir 20 menit lamanya.

TATEYAMA STATION

Sesampainya kami di Tateyama Station, kami harus meneruskan perjalanan ke  Dentetsu Toyama Station mengggunakan kereta lokal Toyama Chiho Railway selama 1 jam.

Kami yang telah membooking tiket shinkansen dari Toyama St ke Kanazawa pada pukul 19.38 merasa hopeless karena jadwal kereta sampai di  Dentetsu Toyama Station pada pukul 19.32. Perkiraan jarak dari Dentetsu Toyama Station ke Toyama Station sekitar 6-7 menit dengan berjalan kaki.

TOYAMA STATION

Sampai di Dentetsu Toyama Station, kami langsung berlari secepat mungkin agar dapat sampai di Toyama Station sebelum kereta shinkansen kami datang. Untungnya 2 menit sebelum jadwal shinkansen datang, kami telah sampai di platform. Perjalanan ke Kanazawa Station ditempuh selama 22 menit.

KANAZAWA

Sampai di Kanazawa Station pukul 8 malam, kami langsung menuju mall yang bersebelahan dengan stasiun yaitu FORUS untuk mencari makan malam.

20170504_20440620170504_204417

Setelah selesai makan malam, kami menuju Nagonde Guesthouse untuk menginap selama 1 malam. Cuaca di Kanazawa tidak sedingin yang saya bayangkan, malahan cenderung panas dengan suhu di malam hari sekitar 22-23 derajat celcius.

Nagonde Guesthouse

Setelah check-in, kami sempat ke Family Mart dekat guesthouse untuk membeli makanan untuk besok pagi. Di Family Mart kami menemukan PABLO CHEESECAKE ICE CREAM, wahhhh beruntung sekali bisa ketemu. Kami telah mencari di Hokkaido dan Tokyo tidak sempat ketemu.

Pablo Ice Cream

Kami bermalam di Kanazawa sebelum esok hari melanjutkan perjalanan menuju Shirakawago.