One Day Trip to Jigokudani (Hell Valley) and Shiraoi Ainu Museum

Hari terakhir kami di Hokkaido, kami pergi ke Jigokudani (Hell Valley) dan Shiraoi Ainu Museum.

JIGOKUDANI (地獄谷) (HELL VALLEY)

Jigokudani (地獄谷) atau Hell Valley adalah lembah sulfur, uap panas, dan aktivitas volcanik lainnya. Jigokudani berada tepat di atas kota Noboribetsu. Kota ini terkenal dengan onsen-nya.

Untuk sampai di Jigokudani, kami memakai JR Limited Express Train dengan perjalanan selama 1 jam dari Sapporo Station menuju Noboribetsu Station. Sesampainya di Noboribetsu Station, kami melanjutkan perjalanan selama 15 menit dengan bus yang dioperasikan oleh Donan Bus (340 yen one way) dan turun di Noboribetsu Onsen Bus Terminal, kemudian berjalan kaki +/- 7 menit.

Me

Jigokudani

3 of us

End of walking trail


Dari Hell Valley ada jalan kecil menuju Oyunuma Pond yang ditempuh dengan berjalan kaki selama +/- 30 menit. Karena kami bertiga tipe orang yang penasaran, berjalan melewati track yang menanjak pun tidak menjadi masalah.

Sepanjang jalan menuju Oyunuma, kami melewati beberapa perberhentian seperti observatory dari sisi lain Jigokudani dan hot spring pond Oku no Yu.

Oku no Yu Pond

Berjalan dengan pemandangan pepohonan di sisi kiri dan kanan dan ditambah cuaca yang sejuk, membuat kami tambah semangat untuk cepat sampai di Oyunuma.

Walking trail menuju Oyunuma


OYUNUMA POND

Jika kalian memiliki waktu yang cukup banyak sekitar 2-3 jam, Oyunuma Pond memang tidak boleh terlewatkan. Setelah berjalan santai +/- 30 menit, akhirnya kami sampai di Oyunuma Pond. Sebenarnya untuk sampai di Oyunuma Pond ada option lain yaitu memakai mobil (+/- 10 menit). Di Oyunuma Pond, bau belerang lebih terasa jelas dibandingkan di Jigokudani.

Oyunuma Pond

Oyunuma Pond

Di depan Oyunuma Pond

Untuk balik kembali ke arah Jigokudani, kami harus melewati jalan yang sama. Berarti total perjalanan untuk pergi dan pulang sekitar 1 jam lebih. Dari Oyunuma Pond, ada trail lagi +/- 10 menit menuju Oyunuma River dimana di sungai tersebut terdapat tempat natural footbath. Sayang sekali waktu tidak memungkinkan kami untuk pergi ke tempat tersebut (next time semoga bisa pergi lagi 😁).

Menu makan siang kami hanyalah bento yang kami sempatkan beli di mini market saat perjalanan balik menuju terminal bus. Oh iya 1 hal yang tidak boleh dilewatkan kalau datang ke Jigokudani yaitu mencoba telur yang direbus menggunakan air hotspring. Tapi bagi saya rasanya sama saja seperti telur biasa.

SHIRAOI AINU MUSEUM (アイヌ民族博物館)

Shiraoi Ainu Museum (アイヌ民族博物館) adalah museum yang berisi replika bagaimana kehidupan asli pedesaan suku Ainu di sekitar Danau Poroto dan menceritakan kehidupan jaman kuno di Hokkaido.

IMG_0410

Di sana kami juga bisa melihat Hokkaido Brown Bears dan Hokkaido Dogs (a.k.a Ainu Dogs) yang tentunya di dalam kandang yahhh. Tiket masuk Shiraoi Ainu Museum sebesar 800 yen.

Brown Bear

Ainu Dogs

Museum ini jaraknya hanya 30 menit dari Noboribetsu (kereta lokal menuju Shiraoi Station) atau hanya 13 menit jika memakai JR Limited Express Suzuran (cek jadwal terlebih dahulu di Hyperdia karena kereta lokal beroperasi 1-2 jam sekali).

Setelah sampai di Shiraoi Station, kami harus berjalan kaki kembali selama 10 menit. Shiraoi adalah kota yang sepi kalau saya lihat, sepanjang jalan tidak banyak mobil yang lewat.

Shiraoi Station

SUSUKINO

Malam terakhir di Sapporo kami manfaatkan sebisa mungkin untuk berkeliling ke tempat yang belum sempat disinggahi hari-hari sebelumnya.

Finally waktunya jajannnn. Saya sudah mengincar Kinotoya Bake Cheesecake yang maknyusss banget.



Jangan lewatkan juga food hall Daimaru Department Store yang terletak di lantai basement (underground shopping) Sapporo Station. Food hall ini menjual banyak sekali makanan dan cemilan.

Salah satu toko mochi yang ramai di Daimaru food hall ini yaitu Ichikyuu Daifukudou. Karena tidak ada menu yang tertulis dalam bahasa inggris, akhirnya saya menunjuk saja jenis mochi yang saya mau 😁

Ichigo Daifuku

Dango
Advertisements

One thought on “One Day Trip to Jigokudani (Hell Valley) and Shiraoi Ainu Museum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s