Walking Through Tiananmen Square & Forbidden City

Pergi ke Tiananmen Square dan Forbidden City adalah list tempat di hari terakhir saya di Beijing. Pagi hari sekitar jam 9 kami sampai di Tiananmen East Station Exit A. Wah begitu keluar pintu exit subway, disambut ratusan orang yang sedang mengantri untuk pemeriksaan tas sebelum diperbolehkan masuk ke area Tiananmen Square. Saya langsung berpikir dari mana semua orang ini???hahaha. Bahkan sebagian besar pengunjung saat itu adalah orang lokal. Mungkin karena saking luasnya China, semua orang dari luar kota berbondong-bondong ingin ke sana.

Setelah melewati scan detector semua bawaan kami, kami langsung menuju ke Tiananmen Square. Cuaca saat itu panas sekali dan terik, membuat saya malas berjalan.

Tiananmen Square berada di pusat kota Beijing. Di sini kita bisa mengunjungi Tiananmen Tower, Monument to the People’s Heroes, Great Hall of the People, Chairman Mao Zedong Memorial Hall, dan melihat upacara menaikkan bendera nasional China.

Tiananmen Tower

Yang paling mencolok di Tiananmen Square yaitu Tiananmen Tower. Bangunan bata berwarna merah dan terpampang besar foto Chairman Mao. Saya bergegas menuju gerbang pemisah antara Tiananmen Tower dengan Tiananmen Square karena semakin padatnya pengunjung. Gerbang pemisah ini merupakan pintu masuk untuk ke Tiananmen Tower dan kemudian ke Forbidden City. Setelah memasuki gerbang, saya tidak sempat untuk melihat ke towernya karena terlalu ramai orang yang ingin masuk ke towernya. Kalau mau ke towernya harus membeli tiket masuk sebesar 15 CNY dan tidak diperbolehkan untuk membawa tas, tas harus dititipkan di loker.

Dari area Tiananmen Tower kami berjalan ke loket penjualan tiket masuk Forbidden City. Harga tiket masuknya 60 CNY.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Tiananmen Tower

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Forbidden City

Forbidden City, atau disebut dengan Palace Museum (Gu Gong dalam Chinese) merupakan imperial palace untuk 24 kaisar selama Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Istana ini dibangun sepanjang 14 tahun sejak pemerintahan Kaisar Chengzu di Dinasti Ming. Luas seluruh areanya +/- 74 hektar dan terdapat lebih dari 8400 ruangan. Di dalam Forbidden City terdapat berbagai istana dan paviliun-paviliun kecil.

Untuk menjelajahi Forbidden City bisa dibutuhkan setengah hari karena terlalu luas. Kami hanya berjalan mengikuti arus pengunjung, melewati beberapa gerbang yang kelihatannya sama.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Komplek dari Forbidden City ini begitu megah. Walaupun cuaca terik sekali, saya tetap bertahan untuk mengabadikan setiap sisi dari bangunan ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s